IoT dan Digital Transformasi Perusahaan


Internet of things menjadi sebuah terobosan dalam dunia teknologi yang dapat membantu manusia dalam banyak hal. Saat dunia terus berevolusi, sistem teknologi informasi pun semakin berkembang untuk menyesuaikan diri. Internet of things mampu mendukung produktivitas kinerja secara efisien berkat kemampuannya yang fungsional. Apa sebenarnya Internet of Things dan apa manfaatnya bagi digital transformasi perusahaan?

Apa itu IoT dan contohnya?

Program yang dapat membagikan data melalui sebuah jaringan yang dibuat tanpa perantara manusia maupun peralatan. Sistemnya nirkabel dan menggunakan berbagai komponen seperti sensor, kode dan lain sebagainya. QR Code adalah contoh nyata dari produk Internet of things dimana kita bisa membayar belanjaan hanya dengan scan QR code menggunakan smartphone lalu otomatis muncul jumlah yang harus dibayarkan. Contoh lain internet of things misalnya sensor suara seperti Siri pada iPhone, atau Alexa pada Amazon yang dapat mendengarkan perintah berupa suara kita.

Bagaimana cara kerja IoT?

Secara sederhana, Internet of Things bertumpu pada jaringan internet dan perangkat keras. Programnya menggunakan algoritma untuk menghasilkan perintah-perintah sehingga perangkat keras dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik.

Baik disini artinya relevan, sesuai dengan apa yang diperintahkan. Pemrograman ini memungkinkan sebuah perangkat untuk bekerja secara otomatis. Peran manusia hanya memonitor dan mengantisipasi adanya error. Internet of Things membutuhkan database yang besar (big data) serta keahlian untuk menyusun algoritmanya. Di Indonesia, Telkom hadir membawa program Internet of Things untuk diaplikasikan di dalam berbagai sektor industri di Indonesia. Konsep Smart City tidak lagi hanya di Jerman atau Cina, tetapi beberapa kota di Indonesia pun sudah mengusung konsep Smart City ini dan akan dilanjutkan ke beberapa wilayah lain.

Beberapa contoh solusi IoT

- Kesehatan

Platform IoT dapat digunakan di sektor kesehatan untuk membantu tenaga medis. Produk IoT dapat membantu mengembangkan peralatan medis yang mutakhir sehingga mengurangi human error yang bisa menyebabkan kesalahan diagnosa.

Sebagai contoh, alat pengukur detak jantung yang mengaplikasikan platform IoT dapat menghitung detak secara presisi dan ketika dihubungkan dengan big data, alat ini dapat membaca informasi yang lebih mendalam dibandingkan alat pengukur biasa. IoT juga dapat membantu memberikan solusi berdasarkan informasi yang didapatkan tersebut.

- Transportasi

Pemanfaatan platform IoT di bidang transportasi sudah diuji coba di beberapa negara yaitu mobil yang berjalan secara otomatis tanpa pengemudi. Di Indonesia sendiri, produk IoT dapat dilihat pada MRT yang menggunakan sistem sensor untuk berjalan. Selain itu, monitoring lalu lintas untuk menekan resiko pelanggaran maupun kecelakaan.

- Bisnis

Dunia bisnis pun mengalami transformasi digital dengan platform IoT. Produk-produk cerdas yang bisa dipakai di rumah contohnya pengatur suhu udara yang memiliki sensor temperatur. Dari segi hiburan, aplikasi pada Smart TV yang dapat memahami perilaku penggunanya sehingga mampu merekomendasikan pilihan-pilihan sesuai selera pengguna.

Peran Telkom dalam Internet of Things

Telkom menanggapi era digital dengan menyediakan solusi digital lewat beragam produk dan jasa. Penerapan Internet of Things dimaksimalkan oleh Telkom dengan menawarkan solusi layanan IoT untuk berbagai kebutuhan. Berikut adalah dua produk solusi Internet of Things dari Telkom.

Telkom LoRaWAN Network

Telkom LoRaWAN adalah salah satu layanan nirkabel jarak jauh dari Telkom sebagai bentuk solusi Internet of Things. Telkom LoRaWAN Network mendukung penerapan industry 4.0 dengan tiga komponen utama yaitu device, network dan application yang disingkat DNA. Sesuai dengan kepanjangan LoRa, yaitu Long Range, layanan ini dapat mencapai jangkauan 2 sampai 15 km hingga ruang indoor. Dengan fitur multi usage berkapasitas besar, LoRaWAN hadir dengan harga terjangkau dan daya yang rendah.

ANTARES

Selain itu, ada ANTARES yang dirancang untuk mempermudah pengguna dalam mengembangkan aplikasi berplatform IoT. Dengan sistem Open API, para pengguna dapat mengontrol aplikasi buatannya via dasbor. Layanan ANTARES mendukung berbagai format pemrograman mulai Arduino, ESP, Android, Raspberry Pi, dan lainnya. Semua proses dapat dilakukan secara real time dan aman.

Maksimalkan potensi perusahaan Anda dengan membangun konektivitas yang terstruktur dan aman, melalui strategi digital business bersama Telkom!


Share This News

Comment