Kupas tuntas iot platform Antares dari Telkom


Untuk mewujudkan transformasi digital di negara Indonesia, Telkom mengeluarkan beberapa platform digital yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai instansi dan bisnis. Salah satu produk andalannya yakni Antares

Secara singkat, Antares adalah platform Internet of Things milik Telkom, yang memiliki beragam fitur mulai dari device management hingga data storage yang akan memudahkan para pengembang aplikasi dalam menuangkan ide-idenya seputar Internet of Things 

Yuk, kenali lebih dekat platform Antares lewat fakta-fakta berikut ini!

Antares Diambil dari Rasi Bintang

Nama Antares adalah bintang terbesar di rasi bintang Scorpio. Tentunya hal ini menjadi harapan bahwa platform Antares bisa menjadi yang terbesar di Indonesia dan dunia.


Kelebihan Antares

Pengembang aplikasi (developer) berbasis IoT membutuhkan platform atau tempat virtual yang bisa mengatur dan membuat aplikasi serta bisa bekerja dalam berbagai macam konektivitas 4g, 5g, serta protokol seperti http, mqtt dan lain-lain. 

Antares mengunggulkan zero infrastructure management sehingga tidak perlu repot mengurusi server karena API sudah disediakan oleh Antares. Dengan tingkat keamanan yang cukup baik, Antares juga menganut standar global one M2M yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. 

Antares memiliki database yang dekat karena berada di dalam negeri. Meski begitu, standarnya sudah internasional dan independen terhadap network dan konektivitas. Layanan ini sifatnya gratis untuk para pengembang.


Ekosistem IoT pada ANTARES

Tujuan Antares adalah untuk mempercepat waktu pemasaran aplikasi karena pengguna tidak perlu berinvestasi di cloud infrastructure and API backend.

Antares berhubungan erat dengan pengembang aplikasi dengan zero infrastructure management. Itu artinya pengembang tidak perlu menyediakan infrastruktur cloud ataupun domain. Juga fungsi control device dalam berbagai brand.

Antares memungkinkan Anda melakukan data analytics platform. Selain itu, Antares terhubung dengan connectivity provider seperti GSM, LTE, LoRa dan lainnya. Bagi pabrikan peralatan elektronik, Antares menyediakan device manufacturer agar dapat mendaftarkan tipe-tipe device mereka di Antares.

Dengan kemampuan manajemen data, manajemen pengguna dan widget sederhana, Antares menawarkan solusi yang aman karena semua komunikasi dikirim melalui jalur terenkripsi. Layanan yang tersedia dapat diandalkan secara real time dan aman. 

Perangkat Bahasa pemrograman yang didukung Antares meliputi Arduino, ESP, Android, Raspberry Pi, Orange Pi, Node Red dan lain sebagainya. Sistem yang Open API memungkinkan pengguna mengontrol aplikasi tak hanya lewat dasbor tapi juga API yang disediakan oleh Antares.

Dengan adanya platform Antares, infrastruktur yang disimpan oleh developer ke dalam server akan diatur oleh Antares sehingga mereka dapat memfokuskan diri pada ide dan layanan aplikasi yang mereka ciptakan. Hal ini merupakan bentuk dukungan sinergis yang dibangun Telkom demi memberikan pengalaman digital terbaik bagi konsumen.


Share This News

Comment