Solusi Smart Industry dengan Digitalisasi Proses Bisnis


Industri 4.0 sedang pada puncaknya. Setiap sektor lambat laun mulai berevolusi menjadi 

smart industry dengan memanfaatkan IoT dalam menjalankan bisnisnya. Ketersediaan sensor, konektivitas yang terjangkau, keberagaman platform dan kemampuan menyimpan data dalam skala besar membuat IoT menjadi sebuah kendaraan untuk menuju kesuksesan bisnis. 

Mengapa industri membutuhkan digitalisasi proses bisnis? Bayangkan ribuan pekerja yang harus berkoordinasi satu sama lain dan berhadapan dengan angka atau mesin setiap harinya. Adanya disrupsi di salah satu lini akan berakibat kerugian dari segi waktu bahkan biaya. 

Ada tiga pilar yang mendukung kesuksesan digitalisasi proses bisnis agar dapat menuju Smart Industry

1. Smart Manufacturing

Masih banyak bisnis manufaktur yang melakukan pekerjaan secara tradisional sehingga produktivitasnya kurang maksimal dalam mencukupi permintaan konsumen. Para pemegang jabatan masing-masing memiliki tugas yang relatif kompleks dan banyak ditambah lagi dengan kurangnya infrastruktur yang memadai. Kurangnya kualitas pengawasan juga menambah beban biaya. Permasalahan ini banyak ditemui dalam perusahaan sehingga mengakibatkan hasil output yang tidak optimal. 

Peran IoT dalam hal ini cukup beragam. Mulai dari hal yang sederhana seperti absensi karyawan, laporan bulanan, atau monitoring operasional mesin – sistem yang cerdas dapat melakukan pekerjaan yang makan waktu jadi mudah dan cepat. Solusi smart utility sangat fleksibel untuk dipakai di setiap lini produksi. Supervisor dapat memperoleh data real-time untuk membagikan pekerjaan kepada staffnya. Dan keputusan yang diambil akan selalu berdasarkan informasi yang diterima dari laporan data tersebut. 

2. Smart Asset Monitoring

Asset monitoring menjadi salah satu keunggulan IoT. Dengan atribut dan fitur yang diberikan oleh IoT, industri mesin, manufaktur, tambang, maupun migas bisa memanfaatkan teknologi IoT secara optimal. Industri-industri ini membutuhkan monitoring asset untuk mengurangi human error dan kerusakan yang bisa berakibat kerugian besar. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh IoT meliputi tracking performa asset, membatasi siapa saja yang dapat menggunakan aset, mencari tahu kerugian aset, dan masih banyak solusi lainnya.

Teknologi IoT tidak hanya mengontrol peralatan dan mesin saja tetapi juga memberikan solusi untuk efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya operasional, meningkatkan pengalaman konsumen serta memantau asset dengan cerdas. Perusahaan diuntungkan dengan adanya IoT karena dapat memperoleh wawasan lebih mengenai kesehatan karyawan, ketersediaan material, dan pemeliharaan asset.

Solusi IoT memiliki kemampuan untuk memantau semua hal di atas dan menyimpan semua informasinya dalam satu tempat. Sehingga saat informasi tersebut dibutuhkan, sistem akan memberikan semua detail mengenai bagaimana proses produksi dijalankan.

3. Smart connected worker

Salah satu tantangan terbesar dalam sebuah perusahaan adalah memastikan setiap karyawan dapat bekerja di lingkungan yang aman dan nyaman. Selain keamanan, perusahaan juga memiliki tantangan dalam mengkoordinasikan karyawan, apalagi jika mereka mempekerjakan karyawan dalam jumlah besar mencapai ribuan. 

Beberapa kejadian yang sering ditemui di pabrik biasanya meliputi kecelakaan kerja, performa menurun, kesalahan input data dan kurangnya visibilitas proses kerja.  

Dengan adanya smart industry, efisiensi kerja dan keamanan para karyawan dapat terus dijaga. Jadi, tidak hanya aset dan mesin saja yang saling terhubung dengan sistem tetapi juga produktivitas kerja.

Secara keseluruhan, digitalisasi proses bisnis memberikan manfaat sebagai berikut;

1. Meningkatkan efisiensi operasional

Solusi IoT untuk smart industry menggunakan data real time, dari sensor ke monitor. Semua proses ini dilakukan oleh komputer sehingga minim intervensi manusia. Di samping itu, solusi IoT juga mampu menghitung daya dan waktu yang digunakan dalam setiap operasional pabrik untuk menghitung laba dan rugi.

2. Keamanan dan keselamatan lingkungan kerja

Selain menjadi solusi efisiensi, IoT juga dapat meningkatkan kondisi lingkungan kantor ataupun pabrik sehingga minim gangguan.

3. Pengambilan keputusan lebih cepat

Organisasi dapat menggunakan data operasional secara real-time untuk membuat keputusan bisnis yang lebih cepat dan lebih cerdas serta mengurangi biaya. Solusi IoT ini membantu mendistribusikan sistem secara merata dan memprioritaskan permasalahan berdasarkan tingkat urgensinya. 

4. Tingkat kecerdasan bisnis yang lebih baik

Solusi IoT dapat berfungsi sebagai alat peramalan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dengan terus memantau, menggabungkan, dan menganalisis data dari berbagai sensor yang dipasang di seluruh pabrik atau ke seluruh staf. Sensor ini membantu supervisor untuk mengumpulkan data real-time yang memungkinkan perusahaan memperoleh wawasan tentang berbagai pekerjaan atau memulai tindakan pencegahan.

5. Penjualan yang meningkat

Akses cerdas di lingkungan industri adalah kunci utama untuk kesuksesan digitalisasi proses bisnis. Dapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas, dan kemampuan melacak metrik kinerja melalui data analytics serta memperoleh wawasan lewat pola data yang terstruktur. Anda dapat memantau semua aktivitas dari satu pintu dan menjadi lebih paham perilaku konsumen saat hendak menargetkan iklan atau promosi. 

Untuk memenangkan persaingan bisnis, mengoptimalkan teknologi yang cerdas dapat menjadi solusi tepat untuk mendapatkan wawasan dan menindaklanjuti informasi tersebut dengan langkah yang paling tepat. 


Share This News

Comment