LoRaWAN dan 5G: Teman atau Lawan?


Sekilas tentang LoRaWAN

LoRaWAN adalah protokol LPWAN yang didesain untuk menghubungkan sebuah perangkat dengan jaringan internet. LoRaWAN memiliki variasi dan jumlah terbesar dari segi sensor dan solusi end to end jika dibandingkan dengan yang lain. 

LoRaWAN juga telah digunakan di 140 negara di dunia. Pemakaian LoRaWAN yang masif ini sangat lumrah mengingat fitur-fiturnya yang sangat banyak: hemat energi, hemat biaya, dan mendukung berbagai model bisnis. Sementara itu, jaringan 5G lebih fokus pada broadband saja sedangkan LoRaWAN sebagai bagian dari IoT LPWAN juga dipakai untuk 4G LTE. Teknologi LoRaWAN telah diadopsi oleh banyak industri, seperti perusahaan nirkabel dan media televisi. 

LoRaWAN menjadi pilihan pilihan bagi pelanggan yang membutuhkan fleksibilitas dan kecerdasan untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka yang spesifik. Standar LoRaWAN sangat cocok untuk penerapan di dalam ruangan yang terhalang beton sehingga jaringannya sangat andal untuk biaya yang terjangkau. 

Untuk lebih jelasnya, pembahasan di bawah ini akan menjabarkan manfaat LoRaWAN secara umum dan perbandingannya dengan fungsi 5G.

Penggunaan LoRaWAN yang mengungguli 5G

LoRaWAN juga sudah digunakan oleh operator seluler terkemuka di dunia untuk berbagai sektor bisnis. Ke depannya, teknologi LoRaWAN dapat diintegrasikan dengan meteran air, meteran listrik, proyek bangunan yang membutuhkan transmisi data.

Desain nirkabel untuk menghubungkan antara sistem pusat dengan perangkat internet membuat LoRaWAN solusi yang tepat untuk sensor, tracker dan alarm berbasis IoT. Protokol yang unik membuat LoRaWAN ideal untuk:

1. Smart city

Sebagai platform yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, LoRaWAN membuka peluang daerah perkotaan untuk bertransformasi menjadi smart city. Dengan Internet Of Things, pemerataan infrastruktur semakin mudah karena fitur Long Range hingga 10 mil. Teknologi LoRaWAN juga dapat diintegrasikan ke lebih dari seribu perangkat yang saling terhubung. Dalam hal ini, teknologi LoRaWAN dapat dipakai sebagai solusi untuk mengontrol sistem lalu lintas, pembuangan limbah, pengaturan parkir, transportasi umum dan monitor lingkungan. 

2. Smart utility and metering

LoRaWAN dapat diletakkan di area yang tidak dapat dijangkau oleh jaringan 5G. misalnya, di area bawah tanah atau di sungai. Itu artinya, kinerja dari LoRaWAN tidak membutuhkan intervensi dari manusia karena dapat menemukan solusi berdasarkan informasi yang didapatkan di lapangan langsung. 

3. Smart farming

Smart farming menggunakan sistem IoT dan sensor untuk mengamati data agrikulktur sehingga pertanian semakin maju. Dengan peralatan canggih, LoRaWAN dapat bekerja untuk mendeteksi kelembapan tanah, suhu udara, dan kondisi panen saat itu juga. Dari segi fleksibilitas, LoRaWAN memberikan kemudahan infrastruktur yang lebih baik bila dibandingkan dengan 5G. Untuk industri peternakan yang berada di pedesaan dan jauh dari jangkauan internet, LoRaWAN dapat memonitor hasil ternak melalui tracker yang dipasang di tiap hewan ternak, dengan daya minim dan jangkauan jaringan yang luas. 

4. Bangunan modern yang cerdas

Dengan keberadaan LoRa, banyak instrumen berbasis IoT yang terjangkau dengan sensor berkualitas dan konsumsi baterai yang hemat. Teknologi ini akhirnya dikembangkan lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan smart buildings atau bangunan yang mengandalkan kecerdasan teknologi. Penetrasi sinyal yang menembus baja bisa dipakai di langit-langit gedung, garasi, bahkan di dalam kolam renang. Instalasi yang cepat dan mudah juga sangat membantu agar operasional kantor atau perhotelan tidak terganggu.

Di saat koneksi 5G membutuhkan biaya besar, LoRaWAN memberikan alternatif solusi yang lebih ekonomis untuk hasil yang efektif. Selain fleksibel, kebutuhan untuk instalasi Lora juga relatif lebih mudah.

Di sektor apa saja 5G memiliki peran yang lebih unggul dibandingkan LoRaWAN?

  • Smart car

Transportasi yang otonom, atau tidak perlu pengemudi menjadi sasaran solusi 5G. Dengan telematik yang canggih, mobil-mobil yang cerdas ini bergantung pada kondisi secara real time dan transmisi data antar sensor berbasis IoT.

Untuk urusan panduan keselamatan, jaringan 5G lebih unggul karena kecepatannya untuk mengirimkan data saat kendaraan melaju di jalanan.

  • Smart health

Solusi 5G menghubungkan database dengan peralatan medik dan memungkinkan konsultasi jarak jauh. Banyak rumah sakit dan organisasi kesehatan dunia yang mengimplementasikan 5G dan mengembangkan berbagai layanan kesehatan secara jarak jauh mulai dari tindakan medis, monitoring Rumah Sakit, diagnostik online dan lain sebagainya. 

Kesimpulan 

LoRaWAN dan 5G masing-masing unggul di bidang tertentu. LoRaWAN sendiri memiliki banyak kesamaan dengan jaringan 5G tapi lebih memenuhi kriteria jangkauan long range, hemat biaya dan daya. 

Meski begitu, keberadaan LoRaWAN tidak dapat sepenuhnya menggantikan 5G atau sebaliknya, melainkan dapat menjadi teknologi pendukung satu sama lain yang saling melengkapi. 

Untuk alasan inilah solusi jaringan 5G dan LoRaWAN sudah selayaknya berdampingan, disesuaikan dengan kebutuhannya. 


Share This News

Comment