Solusi Pengelolaan Limbah dengan IoT di Smart City


Konsep smart city bisa diartikan banyak hal. Mulai dari gedung yang cerdas, mobil yang bisa berjalan tanpa pengemudi, deteksi asap, lampu lalu lintas yang termonitor secara real time dan masih banyak lagi. 

Di beberapa negara, konsep smart city bahkan merambah urusan selokan. Tak dapat dipungkiri, semakin meningkatnya kepadatan penduduk urban, maka semakin banyak sampah atau limbah yang dihasilkan oleh sebuah kota. 

Konsep smart city menawarkan masa depan canggih yang mengandalkan solusi Internet of Things dalam banyak sektor, termasuk pengelolaan dan daur ulang limbah demi kualitas hidup masyarakat yang lebih baik. 

Pengelolaan limbah yang cerdas menggunakan solusi IoT 

Saat ini, pengelolaan limbah sedang menjadi perhatian mengingat tingkat polusi yang dapat dihasilkan oleh limbah-limbah ini. Limbah disini tidak hanya limbah yang dihasilkan pabrik tapi juga sampah yang dihasilkan dalam rumah tangga.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, solusi IoT dapat memiliki peran penting untuk mengetahui tempat pembuangan sampah mana yang penuh dan harus dikosongkan. Dengan adanya monitoring ini, kita sudah menghemat waktu dan tenaga. 

Dalam jangka panjang, monitoring limbah memberikan manfaat bagi peningkatan sanitasi serta kesehatan secara menyeluruh. Tak hanya itu, monitoring limbah juga dapat mengurangi emisi karena hanya sedikit truk pengangkut sampah yang berada di jalan. 

Pengelolaan limbah yang cerdas menggunakan sensor yang dipasang di berbagai tempat seperti tong sampah, pipa di bawah tanah maupun di kendaraan pengangkut sampah. Dulunya, sensor seperti ini sangat mahal. Namun dengan adanya solusi IoT, pengelolaan limbah yang cerdas dapat diimplementasikan dengan harga yang terjangkau dan sudah dilakukan di beberapa negara. 

Evolusi pengelolaan limbah cerdas

Cara tradisional pengelolaan limbah yang diterapkan saat ini yaitu menjadwal pengambilan sampah di tiap rumah kemudian mengumpulkannya ke dalam truk dan mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir secara berkala. Namun, kekurangan metode ini adalah belum tentu setiap rumah menghasilkan limbah dalam jumlah sama. Bisa jadi, sebelum jadwal pengangkutan, tong sampah mereka sudah penuh bahkan beberapa sampah meluber. 

Apalagi di masa pandemi, dimana mayoritas orang berada di rumah karena PPKM. Mereka menghasilkan lebih banyak limbah dari biasanya. 

Di Inggris, pemerintah menerapkan smart bin atau tong sampah cerdas yang memiliki sensor sehingga dapat memprediksi kapan tong tersebut harus dikosongkan oleh petugas. Cara ini meningkatkan efisiensi pengelolaan limbah. Lain lagi dengan Finlandia. Sensor diletakkan di selokan bawah tanah sehingga sensor dapat memberikan informasi ke gateway ketika air penuh pada level tertentu.

Di Jakarta, pengelolaan sampah menggunakan Bank sampah sudah mulai dibiasakan di tingkat RT RW dengan memilah sampah yang dapat didaur ulang. Pemerintah DKI juga membangun incinerator di lima wilayah agar sampah-sampah bisa langsung dimusnahkan. 

Pembuangan limbah mungkin terkesan sepele namun solusi IoT sangat bermanfaat untuk mendeteksi adanya anomaly sejak dini, bukan saat tempat sampah atau septik tank sudah meluber. Solusi IoT dapat mencegah terjadinya permasalahan ini sehingga meminimalkan risiko-risiko kesehatan yang mungkin muncul akibat kerusakan. 

Solusi IoT membuat pengelolaan limbah menjadi lebih cerdas dan menghilangkan cara-cara tradisional dalam mengerjakan proses pengosongan tong sampah. Cara ini sangat tidak efisien dan dengan sistem IoT yang bertumpu pada LoraWan, pipa-pipa selokan bawah tanah pun dapat dimonitor dan diawasi secara real time. 

Lorawan sebagai salah satu solusi IoT Telkom menawarkan metode yang mudah, fleksibel dan efektif dalam menghubungkan berbagai peralatan untuk kebutuhan publik. Selain itu, Lorawan juga menawarkan ekosistem paling luas yang tepat untuk konsep smart city. Proses pengangkutan sampah pun dapat dipantau melalui Jakarta Smart City.

Solusi IoT adalah teknologi yang menjanjikan banyak manfaat

Dengan solusi yang terintegrasi secara real time dan berkelanjutan, IoT untuk pengolahan limbah dapat meningkatkan perekonomian daerah serta mempelajari bagaimana setiap masyarakat berperilaku dalam menggunakan sumber daya yang ada. 

Solusi IoT dapat meningkatkan operasional kota. Dengan sensor dan sistem yang terpadu, semua instrumen dapat terhubung dengan dasbor lewat internet. Informasi yang diperoleh dapat memberikan solusi pengelolaan dan pemanfaatan limbah dengan efisien untuk masa depan kota yang lebih baik. 


Share This News

Comment