Manfaat Solusi IoT Telkom Bagi Industri Manufaktur


Tanpa disadari, pandemi Covid 19 menjadi momen penting dalam perubahan cara kita berinteraksi. Perubahan yang terjadi secara multi sektor terjadi di Indonesia seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet hingga mencapai 73,7 % (2019-2020) menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Selain itu, bagi para pelaku bisnis, masa pandemi memberikan tantangan tersendiri karena mau tidak mau harus siap dengan era digitalisasi. Peran Internet of Things dalam industri manufaktur sangat signifikan terlebih dalam meningkatkan produktivitas kerja. Industri manufaktur yang memiliki asset dan sumber daya besar dapat lebih mudah dimonitor karena setiap inventaris dapat memberikan laporan data yang saling terhubung satu sama lain. 

Manfaat solusi IoT bagi industri manufaktur 

1. Efisiensi produksi

Kegiatan manufaktur memakan energi yang besar. Bahkan pemakaian energi menjadi biaya pengeluaran yang terbesar dalam sebuah pabrik. Tetapi penggunaan daya sulit untuk dikontrol tanpa adanya sistem sensor yang mendeteksi di bagian mana yang memakai daya paling besar. 

Memang benar, meteran listrik dan air bisa memberitahu kita berapa pengeluaran daya setiap bulannya. Tetapi meteran ini hanya mengukur pemakaian secara keseluruhan. Adanya solusi IoT Telkom membantu meningkatkan efisiensi produksi, dengan memberikan informasi lebih detail yang dibutuhkan untuk mengontrol limbah, mengurangi konsumsi energi di setiap bagian serta mengoptimalkan output produksi. 

2. Monitoring mesin secara spesifik

Dengan pemasangan sensor di setiap mesin, kondisi dapat dilihat via dasbor hanya dengan 1 klik saja. Laporan yang disajikan akan terukur berdasarkan metrik yang sudah ditetapkan dan bagaimana setiap mesin berkontribusi dalam memenuhi matrik tersebut. Mesin yang tidak merespon metrik artinya terjadi sesuatu pada mesin tersebut. 

3. Mengidentifikasi gangguan lebih cepat

Dengan sistem pemeliharaan prediktif, adanya gangguan (intrusive) dapat diminimalkan dan segera ditangani lebih cepat. Solusi IoT Telkom dapat mengidentifikasi secara real time sehingga tidak ada potensi gangguan yang terlewatkan. 

4. Meminimalkan downtime

Dalam industri manufaktur, downtime menjadi tantangan yang sering harus dihadapi. Mulai dari pergantian shift karyawan, kerusakan mesin, dan berbagai hal lain yang menyebabkan produktivitas berkurang. Dalam hal kerusakan mesin atau pemeliharaan mesin, downtime sudah pasti terjadi. Namun berapa lama downtime berjalan ini bergantung pada bagaimana permasalahan tersebut dapat diprediksi, sebelum terjadi. Salah satu manfaat diterapkannya solusi IoT Telkom dalam industri manufaktur adalah mengidentifikasi adanya potensi downtime sehingga permasalahan ini bisa lebih cepat diatasi.

5. Supply chain management terotomasi

Kemampuan IoT untuk melacak dan mengamati inventaris secara global dapat membuat supply chain management lebih efektif. Informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, pengumpulan peralatan dan pengiriman material dapat dilakukan tepat waktu. Dokumentasi dalam sistem ERP pun minim kesalahan karena semua dilakukan secara otomatis. Karena semua dapat dilacak, maka perusahaan dapat menetapkan strategi produksi yang lebih baik kedepannya. 

Penerapan solusi IoT Telkom pada PT Biotis dan Kimia Farma

Beberapa perusahaan yang telah menerapkan konsep smart manufacturing dengan mengandalkan solusi IoT Telkom adalah PT Biotis dan Kimia Farma.

Kimia Farma

BUMN sekaligus Pabrik Farmasi terbesar di Indonesia, Kimia Farma, telah memanfaatkan teknologi Internet of Things. Kimia Farma melakukan digitalisasi proses dan sistem serta membuat proses produksi menjadi lebih efisien dan terintegrasi. Parameter produksi pabrik dapat dilihat secara real-time, seperti kapasitas produksi dan suhu, kelembaban dan tekanan ruangan. Secara simultan, notifikasi peringatan atas proses produksi dikirimkan secara berkala melalui surel dan layanan pesan instant Telegram. 

Solusi IoT Telkom juga diterapkan dalam memonitor proses purifikasi air memakai sensor yang terhubung dengan platform Antares. Membuat standar purifikasi air dalam produksi yang lebih terdeteksi dengan akurat. BPP industri pun dinilai relatif terjaga.

Biotis

Biotis menggunakan dashboard monitoring secara digital untuk mengamati suhu ruang penyimpanan, kelembaban udara dan tekanan udara. Solusi IoT Telkom juga diterapkan dalam hal CCTV surveillance untuk ruangan indoor dan outdoor. Dashboard berisi informasi aktual dengan parameter terukur yang terpasang di setiap jalur perangkat mulai dari suhu, kelembapan dan tekanan udara. 

Secara keseluruhan, solusi IoT Telkom membuat proses produksi lebih efisien efektif karena dapat dipetakan secara cepat dan sudah terintegrasi dengan sistem serta dapat dikendalikan secara jarak jauh.

Implementasi IoT dalam menciptakan industri manufaktur yang cerdas di masa mendatang

Solusi IoT Telkom membuat proses produksi lebih mandiri dan meminimalkan resiko kegagalan produksi. Selain itu, dengan IoT, perusahaan manufaktur dapat mengoptimalkan hasil dengan waktu yang efisien. IoT juga membantu setiap tim dalam departemen untuk dapat lebih berkolaborasi dan berkontribusi secara nyata untuk keberhasilan tujuan perusahaan. 


Share This News

Comment